3 JENIS KANDANG AYAM BANGKOK, UKURAN SERTA CARA PEMBUATANNYA


Kandang adalah fasilitas vital yang mendukung kesuksesan budidaya ayam bangkok. Tanpa ada kandang yang baik, ayam yang telah di besarkan bakal gampang terkena penyakit, dicuri, atau alami beberapa masalah lain. Mengenai dalam sistem breeding, kandang juga berperan sebagai tempat hidup anakan ayam bangkok yang masihlah berumur muda. Di bawah ini bakal kami terangkan tentang bagaimana caranya bikin kandang ayam bangkok, kriteria, design, dan ukurannya. Silahkan dikaji!

Kandang Ayam Bangkok 

Kandang yang baik yaitu kandang yang bisa jadi tempat hidup nyaman untuk ayam bangkok serta dapat menghindari ayam yang dipelihara dari semua jenis musibah. Untuk bikin kandang ayam bangkok yang baik, diperlukan tempat ideal yang penuhi kriteria tersebut :

  • Tempat sedikitnya berjarak minimum 5 mtr. dari tempat tinggal serta jauh dari kandang ayam yang lain (terlebih kandang tempat budidaya ayam potong). 
  • Kontur tanah datar serta mempunyai pohon pelindung yang bisa mengatur aliran hawa serta intensitas cahaya matahati kedalam kandang. 
  • Mempunyai saluran air yang lancar hingga waktu hujan air tak menggenangi sekitar lingkungan. 
  • Diprioritaskan tempat yang banyak ditumbuh rumput. Ayam suka pada rumput sebagai makanan pengganti serat. 
  • Arah kandang menghadap cahaya matahari pagi serta sejalur dengan arah angin untuk hindari penularan penyakit dari luar. 
  • Sebaiknya apabila tempat dipagari dengan cara permanen memakai semen serta batu bata. Bila anggarannya tak ada, pagar dapat juga di buat dari bambu atau kawat. 

Nah, sesudah mengerti prasyarat tempat kandang ayam bangkok yang ideal, setelah itu bakal kita ulas tentang beberapa jenis kandang ayam bangkok komplit dengan design serta ukurannya. Silahkan dikaji!

1. Kandang Umbaran Satuan 


Kandang umbaran unit yaitu kandang yang multifungsi. Kandang ini bisa dipakai sebagai kandang kawin, kandang umbaran, sekalian sebagai kandang anakan umur 1, 5-3 bln.. Kandang ini di buat dari dengan ukuran ideal panjang 1, 5 mtr., lebar 1 mtr., serta tinggi 2, 5 mtr.. Alas kandang baiknya berbentuk tanah yang digabungi pasir. Alas yang sekian berguna untuk membuat susunan cakar serta jari-jarinya. Diluar itu berikan juga tenggeran dari kayu untuk tempat bermainnya. Mengenai dengan cara lebih terang, di bawah ini gambar kandang umbaran agar bisa Anda tiru desainnya.

2. Kandang Postal 


Kandang ayam bangkok setelah itu yaitu kandang postal. Kandang ini dikhususkan untuk anak ayam yang baru menetas. Ukurannya lebih kecil dari kandang umbaran, yaitu panjang 1 mtr., lebar 0, 8 mtr., serta tinggi 1 mtr.. Ukuran kandang postal yang sekian biasanya dapat menyimpan 10-15 anakan ayam.

Dinding kandang ayam bangkok untuk postal dapat di buat dari kawat serta di bagian dalamnya mesti diperlengkapi dengan pemanas yang terbuat dari lampu bohlam. Alasnya dapat di beri sekam padi untuk melindungi kelembapan serta ditukar minimum 3 hari sekali. Di bawah ini yaitu gambar dari kandang postal untuk anak ayam bangkok.

3. Kandang Tidur 


Kandang tidur di buat spesial untuk tidur malam hari. Alas kandang ini ditinggikan dengan bentuk panggung minimum 1, 5 mtr. dari tanah untuk hindari suhu tanah yang dingin waktu malam. Gambar 3 memberikan gambar ayam bangkok bertipe panggung. Anda dapat mengikuti strukturnya waktu bakal bikin kandang ayam bangkok Anda.

Kesemua type kandang ayam diatas mesti diperlengkapi dengan wadah pakan serta air minum. Supaya bebas dari penyakit, kandang-kandang itu harus juga dijaga kelembabannya. Penentuan bahan atap, penyusunan aliran hawa, dan sanitasi jadi utama sebagai bagian yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan ayam bangkok dalam periode panjang.

Komentar

Postingan Populer