CARA ATASI KELEBIHAN OTOT PADA AYAM ADUAN


Setiap peternak serta hobyis pasti menginginkan ayam Bangkok yang dipunyainya memiliki badan yang sehat serta kuat. Tahan pukulan lawan, miliki pukulan keras, lompatannya tinggi, serta bermacam kelebihan yang lain.

Untuk memperoleh semuanya kesempurnaan itu, tidak heran bila peternak serta hobyis lakukan beragam latihan dengan sebagian cara spesial. Seperti yang pernah kami katakan dalam bermacam latihan di situs (blog) ini (baca di sini) serta mungkin saja juga cara yang lain.

Tetapi, latihan-latihan yang diaplikasikan mungkin saja kelewat berat, hingga seringkali malah bikin badan ayam aduan berotot laiknya seseorang binaragawan. Ayam pertandingan yang memiliki bentuk otot seperti ini sesungguhnya seperti pisau bermata dua. Beresiko!



Apa bahayanya? Baca selanjutnya artikel ini hingga habis. 

Memanglah benar apabila ayam pertandingan yang berotot mempunyai pukulan keras yang dapat rubuhkan lawan dalam sekali jam - apabila pas tujuan. Diluar itu, ayam berotot juga memiliki badan tahan jam yang tidak mudah oleng dilibas lawan. Itu keunggulannya.

Kekurangannya? Ada. Otot berlebihan itu bikin ayam Bangkok aduan bergerak lebih lamban. Ayam jadi kaku, sulit bergerak, serta tidak sering dapat melompat.

Alhasil, bila ada di tengah-tengah arena pertarungan, dalam keadaan kemampuan imbang, ayam berotot banyak yang lebih di kenal dengan ayam bantat semakin lebih gampang tertekan - pasif, tidak produktif, serta lebih cepat capek. Akibat bentuk postur badannya tak mensupport untuk lakukan perlawanan. Bukanlah mustahil ayam bakal kalah.


Tidak ingin berlangsung kan? Lalu bagaimana mengatasinya? 

Langkah paling efisien untuk menangani tubuh ayam adu yang sangat berotot yaitu dengan berkipu (mandi pasir atau tanah halus). Dengan cara alamiah, berkipu adalah perasaan ayam. Jadi, dengan cara perlahan serta terus-menerus, otot ayam bakal terkikis.

Cuma cukup siapkan tempatnya saja. Sepetak tempat di beri pasir halus. Lalu kandangnya di beri tenggeran agar ayam setiap malam dapat tidur di sana. Untuk meraih tenggeran tentu dengan melompat kan? Itu telah latihan yang baik untuk ayam adu Bangkok.

Komentar

Postingan Populer