CARA-CARA MERAWAT AYAM ADUAN USAI BERTARUNG


Dalam satu adu ayam, seringkali ayam alami cidera, tak tahu lantaran patukan atau “pukulan” kaki ayam lawan, bukan sekedar itu saja staminanya juga terforsir. Mengakibatkan, ayam bakal alami kelelahan yang mengagumkan sesudah bertarung. Bila perawatan sesudah bertarung diabaikan demikian saja, bisa berisiko jelek pada kesehatan ayam itu.

Ayam mungkin alami infeksi dari luka yang diakibatkan atau kelumpuhan yang seolah-olah ayam tampak begitu ketakutan. Bahkan juga ayam dapat kehilangan nafsu makannya, oleh karenanya, butuh diakukan perawatan yang intensif sesudah ayam bertarung, supaya stamina serta mentalnya kembali seperti awal mulanya.

Di bawah ini beberapa langkah perawatannya :


1. Untuk menghindar infeksi, teteskan antibiotik di bagian luka yang terkena ayam. Janganlah memakai obat luka seperti larutan iodium, lantaran bisa membakar kulit ayam serta sisa luka jadi susah hilang.

2. Selekasnya tutup semuanya luka jika berlangsung pembuluh darah yang bocor atau putus lewat cara dijahit. Bila paruh ayam lepas, upayakan gunakan kembali lewat cara mengikat paruh memakai benang ke jengger.

3. Sesudah kelelahan serta alami sebagian luka selesai bertarung, dengan cara alami ayam umumnya tak nafsu makan. Bila keadaannya seperti itu, berikanlah susu cair dengan cara segera kedalam tembolok ayam. Langkahnya, dengan memakai suntikan yang memiliki ukuran besar yang ujungnya di beri selang. Jika ayam tetaplah tidak ingin makan, janganlah sangat dipaksakan serta anda mesti tetaplah sabar.


4. Letakkan ayam di kandang terpisah yang agak jauh dari ayam-ayam lain. Sesudah nafsu makan ayam kembali normal, masukan sebagian ayam betina kedalam kandangnya untuk menghidupkan gairahnya. Butuh anda ingat kalau ayam mesti memperoleh jumlah istirahat serta konsumsi gizi yang baik sesudah bertarung. Janganlah terburu-buru untuk menarungkan ayam kembali.

5. Berikanlah pakan yang bergizi yang kaya karbohidrat serta protein. Sesudah kembali normal (sekitaran hari ke-4), berikanlah sedikit pellet yang digabung susu cair. Diluar itu, air minum mesti ada setiap waktu.

Tersebut sebagian langkah perawatan ayam sesudah bertarung, anda bisa melatih ayam kembali sesudah dua minggu atau lebih. Untuk latihan awal, biarlah ayam diumbar di kandang.

Komentar

Postingan Populer